Anak Kurus, Ini Sebabnya

Jumat, 09 Februari 2018 | 11:02 WIB Penulis : Erni Wulandari


Senangnya melihat si kecil lincah dan energik setiap hari. Tapi, kenapa ia selalu kurus? Apakah ia kekurangan gizi? Tenang, Bunda, kurusnya si kecil tak melulu masalah gizi kok. Misalnya, saat anak berusia satu tahun, ia sedang aktif-aktifnya, bisa jadi ia kurusnya karena aktivitasnya yang banyak. Sebetulnya indikator kurang gizi bukanlah pada anak kurus atau tidak. Bisa jadi faktor lain yang membuat anak selalu kurus.

Nutrisi
Cari tahu dahulu penyebab kurusnya si kecil, apakah benar faktor nutrisi dari makanan atau bukan. Karena seharusnya, setiap bulan anak mengalami kenaikan berat badan. Misalnya, jika anak berusia 1 tahun maka beratnya 3 kali berat badan lahir. Di usia 2 tahun kira-kira 4 kali berat badan lahir. Jika si kecil termasuk anak yang aktif, cek kembali apakah Anda sudah cukup menyeimbangkan nutrisi dan aktivitasnya.
 
Untuk anak kurus yang sehat, tak perlu makanan khusus. Cukup berikan ia makanan bervariasi dengan gizi seimbang sesuai dengan kelompok umurnya. Sesuaikan juga dengan kebutuhan menurut umur anak.
 
Faktor Penyakit
Tak hanya asupan nutrisi, bahkan ada juga anak kurus karena faktor penyakit yang membuat ia jadi malas makan. Di Indonesia beberapa penyakit yang dapat menyebabkan anak kurus akibat tak mau makan antara lain:

  1. Infeksi: Paru-paru (TBC), infeksi saluran kemih, dan infeksi parasit.
  2. Hipersensitif saluran cerna: Gastrooesephageal Refluks, Dispepsi, Stomach Discomfort, gejala maag, kekurangan enzim, penyerapan tidak bagus, alergi susu, alergi makanan.
  3. Gangguan psikologis: Meliputi kondisi rumah tangga Anda, suasana makan, tidak pernah makan bersama orangtua, ataupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak dia sukai.
  4. Gangguan oral motor: Gangguan oral motor membuat anak kesulitan makan. Sehingga anak menolak untuk makan atau mengalami kesulitan mengonsumsi makanan atau minuman dengan jenis dan jumlah sesuai usia. Beberapa kesulitannya yaitu membuka mulut tanpa paksaan, mengunyah, menelan hingga sampai terserap dipencernaan secara baik tanpa paksaan.

Jika penyakit ini tidak disembuhkan maka berat badan anak akan sulit naik. Anak kurus dengan penyakit biasanya tampak pucat, lesu, demam, tak nafsu makan dan berat badan pun tak meningkat.

 

Sumber : Ayahbunda

Artikel Lainnya

Anak-anak tumbuh dengan daya imajenasi yang luar biasa. Mereka memiliki kecenderungan bicara sendiri pada usia 2-6 tahun. Sambil berimajenasi, si aktor cilik bisa berbicara segala hal yang terlintas d...

Flat head syndrome adalah kondisi dimana ada satu sisi kepala bayi yang datar. Posisi kepala datar yang disebut secara medis positional plagiocephaly ini bisa terjadi di salah...

Untuk para wanita yang akan mengalami proses persalinan yang pertama, tentu saja akan membayangkan bahwa semua proses persalinan secara normal itu merupakan proses yang paling sulit juga paling menega...

Kulit bayi yang baru lahir masih sensitif dan rentan mengalami iritasi. Oleh karena itu, jangan sampai Bunda salah dalam melakukan perawatan kulit bayi. Berikut beberapa trik merawat kulit bayi baru l...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................