Mengenal Wonder Week, Saat Bayi Lebih Rewel

Jumat, 14 Februari 2020 | 12:39 WIB Penulis :


Ternyata ada masanya si kecil lebih rewel daripada biasanya loh mom??

kita simak artikel berikut yuk.

 

Tidak ada yang lebih membuat Mama tenang ketimbang melihat senyum bayi. Namun, mengapa, ya, belakangan si kecil lebih rewel dan tiba-tiba sering menangis. Tidak ada popok yang basah, tidak ada tanda-tanda lapar, juga tidak sedang sakit, juga tak ada tanda tumbuh gigi, lalu apa penyebabnya? Bisa jadi si kecil sedang melewati wonder week.
 
Apa itu wonder week? Wonder week adalah istilah yang digunakan oleh pediatris asal Belanda, Fransiscus Xaverius Plooij dan istrinya, Hetty Van de Rijt untuk menggambarkan lompatan perkembangan mental yang dialami bayi di 20 bulan pertama kelahirannya.
 
Lompatan ini terjadi sebanyak 10 kali di mana ada perubahan sistem otak dan saraf yang membuat bayi memiliki peningkatan kemampuan sensori setelahnya. Saat mengalami lompatan ini, bayi memang cenderung lebih rewel. Hal ini disebabkan karena bayi merasa kewalahan dengan kemampuan barunya. Mereka merasa frustasi karena belum tahu cara mengontrol pengalaman barunya. Wonder week bisa berlansung antara 1-4 minggu.
 
3 C (Clinginess, Crankines, Crying)
Wonder week disertai dengan 3C (Clinginess, Crankines, Crying). Masa di mana ia memiliki kemampuan sensori yang baru, bayi akan lebih lengket pada ibunya (clinginess). Ia bisa jadi mengalami separation anxiety atau kecemasan berpisah dengan ibunya. Ia akan merasa nyaman bila berada di dekat ibunya.
 
Selain itu, bayi juga akan lebih mudah cranky atau rewel. Pola tidurnya mengalami perubahan. Perhatiannya saat menyusu juga jadi lebih mudah teralihkan. Tak hanya itu, bayi juga jadi sering menangis (crying). Memang betul pada bulan-bulan awal kelahirannya, bayi berkomunikasi dengan cara menangis. Namun, untuk kali ini ia menangis lebih sering dibanding yang lain. Tangisannya terjadi tanpa sebab dan orang tua tidak tahu harus berbuat apa. Periode ini menjadi masa yang sulit bagi orang tua.
 
10 Lompatan
Berikut ini adalah 10 lompatan mental yang terjadi selama 20 bulan pertama usianya.

  • Lompatan 1

Terjadi pada usia: 4,5 - 5,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: tersenyum, melihat objek atau wajah orang tuanya lebih lama dan sering.

  • Lompatan 2

Terjadi pada usia: 7,5 - 9,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: familiar dengan orang-orang dan objek yang sering ia lihat, menoleh ke sumber suara, mengamati bagian tubuhnya sendiri seperti tangan dan kaki, menegakkan kepala.

  • Lompatan 3

Terjadi pada usia: 11,5 - 12,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: mengeluarkan suara tawa, tertarik pada cahaya, suka mendengar suara, bisa tengkurap sendiri.

  • Lompatan 4

Terjadi pada usia: 14,5 - 19,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: mengenali bayangannya di cermin, mengenali namanya sendiri, kemampuan menggenggamnya lebih baik, mampu memasukkan barang ke mulut.

  • Lompatan 5

Terjadi pada usia: 22,5 - 26,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: memahami kata, bisa melempar benda, mulai mengeluarkan satu suku kata.

  • Lompatan 6

Terjadi pada usia: 33,5 - 37,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: kosa kata yang dipahami bertambah, bisa mengekspresikan emosinya, mulai merangkak.

  • Lompatan 7

Terjadi pada usia: 41,5 - 46,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: bisa membuat gestur menunjuk apa yang diinginkan, dapat meniru bahasa tubuh yang sering dilihatnya.

  • Lompatan 8

Terjadi pada usia: 51,5 - 54,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: membuat coretan, menunjukkan kesukaan terhadap suatu objek.

  • Lompatan 9

Terjadi pada usia: 59,5 - 61,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: memliki keinginan melakukan semua hal sendiri, memahami kepemilikan, lebih mahir menunjukkan emosi termasuk tantrum.

  • Lompatan 10

Terjadi pada usia: 70,5 - 76,5 minggu
Setelah itu bayi mampu: menjawab jika ditanya, mengerti maksud obrolan, mulai mau berbagi.
 
Sunny Weeks
Wonder weeks diikuti oleh sunny weeks di mana bayi terlihat lebih ceria karena sudah mampu mengenali kemampuan barunya dan dapat mengontrolnya. Periode ini terjadi sekitar minggu ke-58 atau setelah lompatan ke-8.

 

Source: parenting.co.id

Image by Ben Kerckx from pixabay

Artikel Lainnya

Mandi air hangat sebelum menyusui bisa memicu LDR lho Moms Ketika menyusui, pernahkah Moms merasakan payudara menjadi kencang dan ASI menyembur dengan deras? Kondisi ini dinamakan Let Down Ref...

Tidak hanya untuk para orang dewasa yang ingin bertemu keluarga, lebaran juga merupakan momen yang menyenangkan untuk anak-anak. Saat lebaran, mereka bisa menggunakan baju baru, bertemu sanak saudara,...

Mulai dari memilih jam perjalanan yang tepat, memilah barang bawaan secara cermat, hingga menjaga kebersihan selama perjalanan akan menentukan praktis atau tidaknya liburan Ibu bersama si Kecil. Si...

Melahirkan merupakan peristiwa tak terlupakan oleh ibu mana pun di seluruh dunia. Namun, tidak seluruh wanita mengetahui fakta menarik tentang ibu menyusui, terutama ibu muda yang baru pertama kali me...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................