Paparan Scan Berlebihan di Awal Kehamilan Perparah Risiko Autis Anak

Rabu, 07 September 2016 | 16:33 WIB Penulis : Erni Wulandari


Tingginya jumlah anak yang terlahir dengan autisme menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi dunia medis. Beragam riset pun dilakukan untuk mengungkap penyebabnya.

Hingga kemudian tim peneliti dari UW Medicine, UW Bothell dan Seattle's Children Research Institute menganalisis data dari 2.644 keluarga yang pernah ambil bagian dalam beragam studi di seluruh penjuru Amerika.

Hasilnya, paparan mesin scan, terutama ultrasound secara berlebihan di trimester pertama kehamilan ditengarai berdampak terhadap tingkat keparahan gejala yang dialami anak dengan autisme.

Kesimpulan ini didapat setelah peneliti mengamati variabilitas atau keberagaman gejala pada anak dengan autisme. Ternyata kaitan terkuatnya ditemukan pada anak dengan variasi genetik yang berhubungan dengan autisme, yaitu sebanyak 7 persen.

Ketua tim peneliti, Sara Webb dari UW Medicine mengatakan, ada tiga model analisis yang digunakan timnya untuk menjelaskan variabilitas yang terjadi pada anak dengan autisme. Pertama, kerentanan genetik terhadap gangguan tersebut. Kedua, stressor dari luar, dan ketiga, apakah stressor tadi berdampak pada anak dalam kurun waktu tertentu.

Dari beberapa jenis stressor yang ditemukan sebagai pemicu autisme, kebetulan tim Webb hanya mengamati satu di antaranya saja, yaitu paparan ultrasound.

"Ada perjuangan yang sebenarnya untuk menguak alasan mengapa ada begitu banyak anak dengan autisme, dan mengapa mereka berbeda satu sama lain. Bagaimana mereka bisa terserang autisme.

Namun bila dikaitkan dengan panduan dari Food and Drugs Administration (FDA), sudah jelas dikatakan bahwa ultrasound hanya boleh dipergunakan untuk keperluan medis yang mendesak.

"Jadi kalau kita sewaktu-waktu butuh melakukan prosedur medis, terutama saat sedang mengandung, baiknya kita juga mempertimbangkan sudah berapa lama usia kandungan kita.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Demi bisa berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman, banyak orang yang rela bermacet-macet ria saat mudik. Lalu bagaimana jika membawa anak kecil? Psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Hu...

Bayi yang baru lahir punya lapisan kulit yang sangat tipis. Dalam jurnal Archives of Dermatological Research, disebutkan bahwa lapisan kulit ini terus berkembang hingga anak tumbuh besar. Dalam m...

Apa Itu Takipnea? Takipnea merupakan sebuah kondisi pernapasan yang begitu cepat atau lebih cepat dari normalnya [1,2,9]. Jika kecepatan pernapasan normal pada anak-anak adalah 44 nafas/menit dan ...

Ketika Ibu masuk minimarket, pasti ada satu rak khusus produk bayi lengkap mulai dari kepala hingga ujung kaki. Ada berbagai merk produk yang menawarkan keunggulan berupa aroma, kemasan, serta komposi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................