Tips Membangun Kebiasaan Baik Pada Anak Sejak Dini

Jumat, 06 Januari 2023 | 17:53 WIB Penulis :


Moms, sadar gak sih ternyata kebiasaan sehari-hari Moms terhadap Si Kecil kerap membentuk habit mereka juga? Nah untuk itu, yuk dimulai dari sekarang ajari kebiasaan-kebiasaan yang baik ini pada Si Kecil. Semua orangtua pasti bangga ketika melihat sang buah hati tumbuh menjadi anak cerdas. Bingung mulai dari mana? Cek ini aja Moms!

1. Berkata jujur

Moms, tanamkan perkataan jujur kepada Si Kecil sejak usia dini. Jika Si Kecil berbohong jangan langsung memarahi atau memukulnya ya. Moms, gunakan pendekatan secara halus agar Si Kecil berkata jujur.

2. Konsumsi makanan-makanan sehat

Ajarkan dan ingatkan selalu Si Kecil agar mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat sejak dini, dan pastikan mereka sudah dilengkapi dengan asupan vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan juga lemak. ak hanya itu, sediakan selalu beragam jenis makanan sehat untuk Si Kecil. Jangan lupa kreasikan makanannya agar Si Kecil gak bosan. Yummy!

3. Belajar membereskan rumah

Di usianya yang masih dini, Moms jangan lupa ajarkan Si Kecil untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan rumah. Moms juga bisa putarkan musik atau nyanyi bareng Si Kecil biar mood-nya jadi lebih ceria. Tidak perlu lewat hal-hal besar kok, misalnya diawali dengan bagaimana cara mereka untuk membereskan mainan kesayangan mereka. Sederhana tapi bermakna ‘kan?

4. Berbagi kepada teman sebayanya

Si Kecil memiliki kesulitan untuk berbagi. Hal ini membentuk proses pembangunan karakter. Moms, ajari Si Kecil untuk berbagi kepada teman sebayanya sebagai cara membentuk kebiasaan baik anak sejak dini. Ini juga dilakukan agar Si Kecil memiliki teman baru dan bermain bersama. Jadinya makin banyak teman nih Si Kecil.

5. Membaca buku

Kebiasaan paling baik yang tidak boleh ditinggalkan oleh Si Kecil adalah membaca buku. Sebab, di umurnya yang sekarang ini Si Kecil rasa keingintahuannya sangat tinggi. Ssst, Moms percaya nggak kalau kebiasaan membaca buku ini merupakan salah satu fundamental skill yang mengarahkan mereka ke arah jadi lebih sukses. Kalau gini caranya, Moms juga ikutan bangga dong?

Itulah lima kebiasaan baik yang harus Moms ajarkan kepada Si Kecil. Oleh karena itu, Moms memiliki peran penting dalam tumbuh kembang Si Kecil. Selain itu, Moms menjadi panutan utama bagi Si Kecil.

 

Source : https://www.growhappy.co.id/

Artikel Lainnya

Sesering apa pun untuk dibersihkan, kamar tidur anak sangat mudah kembali berantakan, kotor, dan kacau. Anak-anak belajar, bermain dan melakukan semua hal lain di kamar tidurnya sepanjang hari, yan...

Waktu makan anak usia balita (di bawah lima tahun) bisa jadi 'PR' tersendiri nih buat para bunda. Inginnya sih anak bisa duduk anteng di baby chair-nya saat makan, tapi ternyata anak...

Batuk dan pilek pada anak bisa terjadi lebih dari satu kali dalam setahun. Sebelum masa pandemi, masalah pernapasan ini bahkan sudah sering menyerang anak-anak, Bunda. Batuk dan pilek dapat me...

Tragedi perampokan dan pembunuhan yang berakhir mengenaskan di Pulomas, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu, tentunya mengejutkan, dan membuat khawatir banyak orang, terutama orang tua. Kejadian ini se...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................