Fase Penting Saat Anak Tumbuh Gigi

Jumat, 18 November 2016 | 14:21 WIB Penulis : Erni Wulandari


Tumbuh gigi adalah masa  penting yang dialami oleh anak. Sebab itu Bunda perlu mengetahui fase-fase seperti di bawah ini agar Bunda tenang menghadapinya.
 

  1. Anak  mengalami demam dengan temperatur rata-rata 38,3°C. Hubungi dokter bila demam di atas itu tersebut, sebab bisa jadi demam diakibatkan hal lain yang tidak berkaitan dengan proses tumbuh gigi.
  2. Terasa gatal karena adanya aktivitas pertumbuhan gigi yang membuat permukaan gusi jadi bergelombang. Berikan teether atau buah  untuk anak di atas 6 bulan,  untuk meredakan gatal.
  3. Produksi air liur meningkat, sejak pertumbuhan awal gigi dan akan semakin meningkat volume air liurnya ketika gigi seri tengah mulai tumbuh. Siapkan handuk atau sapu tangan untuk membersihkan air liur, demi mencegah iritasi pada kulitnya.
  4. Kehilangan nafsu makan berujung masalah pencernaan. Akibat sakit, anak kerap menolak makan. Hal ini jadi mengganggu asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karena asupan makan itu penting, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan makanan bertekstur lembut dan encer seperti bubur dan smoothies.
  5. Gigi berlubang. Sementara masih dalam tahapan pertumbuhan gigi-geligi, gigi susu anak yang lebih dulu tumbuh ‘terancam’ berlubang. Ketika sakit, anak kerap enggan menggosok gigi. Ini menyebabkan sisa makanan dan kotoran yang menempel di gigi yang tidak dibersihkan, berisiko membuat gigi berlubang.

Artikel Lainnya

Berhenti sejenak dari pekerjaan yang padat dan nikmati musim liburan dari natal hingga tahun baru! Bagi kamu yang ingin menghabiskan jatah cuti, libur sekolah maupun kuliah, inilah saat yang tepat unt...

Waktu makan anak usia balita (di bawah lima tahun) bisa jadi 'PR' tersendiri nih buat para bunda. Inginnya sih anak bisa duduk anteng di baby chair-nya saat makan, tapi ternyata anak...

Seorang ibu sudah banyak diakui sebagai sosok yang tangguh dan kuat. Bukti pertama adalah perjuangan antara hidup dan mati ketika melahirkan buah hati. Meski lebih menonjolkan sisi perasaan dan mudah ...

Aktivitas anak yang padat sepanjang hari kerap kali membuat tubuh anak berkeringat hingga picu bau di tubuhnya. Bahkan, tak jarang keringat berlebih juga bisa menimbulkan iritasi pada ketiak si Kecil,...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................