Manfaat Tidur Siang bagi Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun

Senin, 23 September 2019 | 15:25 WIB Penulis : Erni Wulandari


Tidak seperti saat masih bayi, anak yang sudah memasuki usia 1 tahun sudah tidak banyak tidur lagi. Ia akan lebih banyak bangun untuk belajar dan beraktivitas. Meski begitu, anak usia balita juga masih membutuhkan tidur siang lho, Bu. Dari artikel medis yang saya baca, saya mengetahui banyak manfaat tidur siang bagi anak. Bagi Ibu yang belum tahu, ini dia beberapa manfaat dari tidur siang untuk si Kecil.

Manfaat Tidur Siang

  • Tidur Malam Lebih Nyenyak

    Banyak Ibu yang beranggapan bahwa tidur siang bisa membuat si Kecil sulit tidur malam. Namun, hasil penelitian membuktikan sebaliknya, Bu. Menurut artikel medis yang diterbitkan St. Louis Childern’s Hospital, melewatkan waktu tidur siang justru membuat anak mudah stres, rewel, marah, dan bingung. Bahkan, si Kecil berisiko kesulitan tidur malam. Apabila waktu tidur malam si Kecil tidak tercukupi, maka daya tahan tubuhnya dikhawatirkan menurun, sehingga mudah terserang penyakit.

  • Meningkatkan Kecerdasan

    Menurut artikel dari National Institutes of Health Study, manfaat tidur siang bagi anak juga bisa meningkatkan kemampuan menyerap pelajaran dan mengingat saat ia mulai sekolah kelak, Bu. Ketika si Kecil tidur siang, ia akan bangun dalam kondisi segar. Kondisi inilah yang membuat si Kecil lebih mudah berkonsentrasi untuk mempelajari sesuatu. Tidak heran anak yang rutin tidur siang lebih pintar secara akademis dibanding anak yang kurang tidur siang. Selain itu, ia juga jadi punya energi lebih untuk beraktivitas, sehingga bisa lebih aktif mengeksplorasi diri dan lingkungan sekitarnya, Bu.

  • Mengoptimalkan Tinggi dan Berat Badan

    Ibu pastinya ingin si Kecil punya tinggi dan berat badan ideal sesuai usianya bukan? Ternyata, pertumbuhan anak tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Si Kecil juga perlu waktu tidur yang cukup selama masa pertumbuhan. Mengapa begitu? Ini karena proses pertumbuhan anak terjadi ketika si Kecil terlelap dalam tidurnya, Bu.

  • Mengurangi Stres

    Si Kecil ternyata juga membutuhkan waktu untuk melepas stres lho, Bu. Hal ini penting bagi kesehatan anak. Nah, salah satu caranya yaitu tidur siang. Ketika si Kecil tidur siang, ia menjadi lebih tenang. Si Kecil akan melupakan aktivitasnya yang padat dan kemarahan yang sedang meluap. Tentunya, ini membuat mood si Kecil lebih tenang setelah bangun.

    Lebih Bahagia

  • Masih berhubungan dengan mood, jika mood baik tentu si Kecil akan merasa lebih bahagia, Bu. Perasaan bahagia akan berpengaruh pada kondisi fisik yang lebih lincah, bertenaga, semangat, kreatif, dan mudah mempelajari hal baru di sekitarnya.

Waktu yang Dibutuhkan Anak untuk Tidur Siang

Di usia 1 hingga 3 tahun, anak membutuhkan waktu tidur sebanyak 12 sampai 14 jam per hari. Untuk waktu tidur siang yang ideal adalah 1,5 sampai 2 jam, kemudian sisanya harus dipenuhi di waktu tidur malamnya. Usahakan untuk selalu memenuhi jam tidur anak tersebut, tidak kurang dan tidak lebih, supaya tumbuh kembangnya bisa lebih optimal.

 

Source: Ibu Dan Balita

Artikel Lainnya

Persahabatan memang menjadi bagian penting dalam hidup kita sebagai makhluk sosial. Kita semua tahu bahwa tak ada seorang pun yang bisa hidup tanpa orang lain. Menjalin persahabatan juga sangat pentin...

Kemampuan motorik adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh anak sejak dini. Kemampuan ini dibagi menjadi dua, yakni motorik halus dan motorik kasar. Kemampuan motorik kasar melibatkan pergera...

Ada dua jenis sayuran yang kini di jual dipasaran sayur segar dan sayur beku. Di antara kedua jenis sayuran ini, sayuran beku tidak dianjurkan karena dianggap tidak segar dan memiliki bahan pengawet, ...

Ketika si kecil semakin besar dan mulai mengerti banyak hal, kini membujuknya disuntik tidaklah semudah saat ia bayi.  Saat anak bayi, ia masih pasrah saja ketika disuntik, tanpa perlawanan. Jika...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................